Beranda |  Profil |  Berita |  DPD |  Artikel |  Opini |  Liputan Media |  Gafatar TV |  Dokumentasi |  Press Release |  Kontak 
PENGURUS DPP
 
  •   
    Ketua Umum
    Mahful M Tumanurung
      
    Wakil Ketua Umum
    Wahyu Sandjaya
  •   
    Sekretaris Jenderal
    Berny Satria
      
    Bendahara Umum
    Muchtar Asni
  •   
    Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kepengurusan
    Dandy Kusuma
      
    Ketua Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
    Jusuf Damardjati
  •   
    Ketua Bidang Peranan Perempuan dan Perlindungan Anak
    Dwi Ratna K
      
    Ketua Bidang Kesehatan
    Munandar
  •   
    Ketua Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan
    Iman Sumiarsa
      
    Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan Organisasi
    Swastanto
  •   
    Ketua Bidang Hukum dan HAM
    M.Tubagus Abduh
      
    Ketua Bidang Informasi, Komunikasi dan Hubungan Internasional
    M.Yusuf Daruwijaya
  •   
    Wakil Sekretaris Jenderal 1
    Kurniadhi Wibowo
      
    Wakil Sekretaris Jenderal 2
    M.Yusuf Daruwijaya
  •   
    Kepala Sekretariat Jenderal
    Zaenal Arifin
     
  •   
    Wakil Bendahara Umum 1
    M Ruchyat
      
    Wakil Bendahara Umum 2
    Herdian Widyo S
  •   
    Badan Penelitian dan Pengkajian Nusantara
    Heru Mulyantoro
      
    Badan Usaha Fajar Duta Mandiri
    Endang Supriyatna
 
AKSI GAFATAR
 


2012

2013
OPINI
 
BERITA
 
JEJARING SOSIAL
 
 
BERITA GAFATAR
 

Peringati Hari Sumpah Pemuda - GAFATAR Jawa Barat Gelar Festival Bhinneka Tunggal Ika

Tanggal Posting 28 Oktober 2012 15:55:41 ,



Kampus UI, Depok (GAFATAR D03) Festival Bhinneka Tunggal Ika adalah tema kegiatan yang digelar DPD GAFATAR Jawa Barat dalam rangka memperingati 84 tahun Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini digelar pada hari Minggu (28/10) di Auditorium Gedung 9, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.



“Hari ini, kita memperingati semangat pemuda-pemudi bangsa yang pernah menyatukan diri dalam suatu ikrar kebangsaan yang mengikat seluruh pemuda-pemudi bangsa Indonesia dengan sumpah yang bernama Sumpah Pemuda. Maka mari kita melakukan refleksi terhadap nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh para pendiri bangsa yang tertuang dalam Sumpah Pemuda tersebut”, hal itu disampaikan Ketua Umum GAFATAR, Mahful M. Tumanurung dalam orasinya pada festival tersebut.



Kegiatan bertema “Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa” ini dimeriahkan dengan berbagai apresiasi seni dan budaya, seperti drama, tarian daerah, pembacaan puisi dan penampilan grup musik. Uniknya, semua penampilan tersebut dilakukan oleh anak-anak Sekolah Berbasis Rumah (SBR) GAFATAR Jawa Barat.



Pada awal acara, para tamu dan undangan yang kebanyakan adalah para pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK se-Kota Depok ini disuguhkan drama yang menceritakan sejarah tercetusnya Sumpah Pemuda. Rangkaian acara selanjutnya  adalah apresiasi seni dan budaya yang sangat jelas menceritakan bahwa nuansa persatuan dan kesatuan, kehidupan penuh tepo seliro (tenggang rasa) kian hari semakin hilang dalam kehidupan bangsa saat ini. Sehingga nilai-nilai luhur bangsa yang dulu pernah ada, perlu diingatkan kembali kepada generasi muda saat ini.



Pada kesempatan yang sama, pesan-pesan tersebut ditegaskan pula oleh Dandim 0508, Letkol Infanteri M. Zamroni yang juga hadir sebagai orator.



“Sifat tepo seliro sebagai salah satu dari nilai-nilai luhur budaya bangsa, kini semakin menipis karena tertandingi oleh sifat egoisme. Maka dari itu, sifat egoisme harus kita perangi bersama, sebab perang modern yang kita hadapi hari ini adalah perang budaya. Biarlah perang fisik menjadi bagian dari tugas kami (tentara), tetapi perang budaya harus kita lawan bersama-sama”, ujar M. Zamroni dalam orasinya yang penuh semangat.



Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Romo Hartani. Dalam orasinya, ia menjelaskan sekilas perjalanan sejarah Nusantara. Menurut penjelasannya, dulu bangsa kita adalah bangsa yang besar, khususnya pada zaman Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra. Kejayaan bangsa kita saat itu bersumber dari ajaran budi pekerti yang banyak dituangkan di dalam Kitab Negarakertagama pada era Majapahit. Menurutnya, saat ini ajaran tersebut sejatinya masih ada, karena terkandung di dalam Pancasila. Keempat sila dalam Pancasila adalah syarat bagi bangsa ini untuk mencapai sila kelima, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Bangsa Indonesia.



“Apa yang sudah dibangun para pendahulu kita harus kita jaga agar jangan sampai diambil orang lain, terutama dalam hal kebudayaan. Oleh sebab itu, saya berharap agar GAFATAR tetap berpijak pada adat, budaya dan tradisi Nusantara. Jadi, GAFATAR harus beridelogi Pancasila”, ujar Romo Hartani pada kesempatan yang sama.



Puncak dari kegiatan ini adalah mengikrarkan Deklarasi Anti Tawuran dan Kekerasan yang dilakukan oleh 46 orang perwakilan dari berbagai elemen pelajar (13 SMP dan 24 SMA/SMK), pers, tokoh, ormas kepemudaan seperti Paguyuban Cinta Tanah Air, Gerakan Nurani Nusantara (GANN), Front Pembela Merah Putih (FPMP), Dandim 0508 dan Kapolres yang diwakili oleh Kompol. Kuswinarto. Adapun naskah deklarasi tersebut dibacakan oleh Eddy Faisal, SE, SH yang saat ini menjabat sebagai Staff Ahli DPR RI, Komisi IX.



“Acara ini dihadiri tidak kurang dari 800 orang yang berasal dari kalangan pelajar SMP dan SMA/SMK, pers, tokoh, dan ormas kepemudaan se-Kota Depok. Selain itu, secara internal kami juga mengundang dua DPD GAFATAR terdekat, yaitu DPD GAFATAR DKI dan DPD GAFATAR Banten”, ujar Swastanto, selaku Ketua Panitia Festival.



Menurut keterangan tertulis panitia (press release), diadakannya Deklarasi Anti Tawuran dan Kekerasan Antar Siswa, Mahasiswa, dan Pemuda se-Kota Depok ini adalah untuk menghentikan tawuran dan tindak kekerasan sebagai buah dari bibit perpecahan yang akan membuat bangsa ini lemah dan semakin terbelakang.



(Randhi Mahardhika)






 
20 April 2014 02:40:19  Ratusan Kader Ramaikan Kirab Kendi Pancasila
15 April 2014 09:52:44  Sumbar Lantik Ketua Baru
13 April 2014 17:00:20  Ketua Umum GAFATAR Kunjungi GAPOKTAN KALTENG
12 April 2014 03:23:27  Panen Jagung di GAFATAR Gorontalo
12 April 2014 12:25:56  Audiensi GAFATAR Ke Kedaton Kesultanan Ternate
12 April 2014 12:25:56  Audiensi GAFATAR Ke Kedaton Kesultanan Ternate
02 April 2014 18:31:36  Meniti Fokus Organisasi